Erupsi Gunung Sinabung Warnai Seteru Indonesia Malaysia

Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), hari ini mulai menunjukkan fase erupsi. Menurut kesaksian warga, gunung berketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut itu telah menyemburkan lava pijar sekitar pukul 23.50 WIB, Sabtu (28/8/2010). Namun begitu, banyak warga dari sekitar 15 desa telah diungsikan sebelumnya.

Kepanikan warga ikut mewarnai memburuknya hubungan Indonesia- Malaysia. Pasca penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan pertengahan Agustus lalu, Indonesia dan Malaysia kembali membesar dan menegangkan.

Bahkan, Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah Aman mengancam akan mengeluarkan imbauan agar warganya menunda dulu rencana berkunjung ke Indonesia (travel advisory) jika situasi semakin memburuk, demikian menurut pemberitaan berbagai media massa.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan belum bersikap atas ancaman travel advisory. Sebab hingga kini Pemerintah Malaysia juga belum memberlakukan ancaman tersebut.

Update:

Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung Meletus pada hari Minggu ekitar pukul 00:15 WIB. Selain itu, berdasarkan informasi dari BMG, yang dimuat di Kompas.com, Gunung Sinabung diprediksi akan kembali meletus lagi. Diperkirakan kekuatan letusan yang kedua akan lebih besar dari yang kemarin, namun belum bisa ditentukan kapan akan terjadi.

Tindakan antisipasi sudah dilakukan dengan mengungsikan para penduduk di dua titik, yaitu di Jambo Lige dan Kantor KNPI yang terletak jauh dari gunung.

Pada letusan pertama, banyak warga yang menderita sesak napas dan mata perih akibat debu silica (serbuk plastic) yang berbahaya bagi pernapasan. Satu warga dilaporkan tewas saat terjadi letusan kemarin.

0 Response to "Erupsi Gunung Sinabung Warnai Seteru Indonesia Malaysia"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes